Minggu, 30 Oktober 2016

Hardware : 10 Perangkat Input dan Fungsinya

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Cover

IbnuComp – Welcome To IbnuComp. Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai 10 Perangkat Input beserta Fungsinya. Artikel ini saya buat untuk para Siswa yang sedang mempelajari Materi Input dan Output dalam perangkat Komputer.

Berikut adalah 10 Perangkat Input pada Komputer beserta Fungsinya masing - masing yang harus anda ketahui.

1 . Keyboard

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Keyboard


Keyboard Memiliki Fungsi Sebagai Alat Pengetik atau ketik dalam Sebuah Perangkat Komputer. Ketika Salah satu Tombol Keyboard ditekan maka Ia akan di Proses Oleh Perangkat Proses (Process ) lalu di Keluarkan oleh Perangkat Pengeluarann ( Output ).

2 . Mouse

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Mouse

Mouse Memiliki Fungsi Sebagai Alat Gerak Cursor dalam Sebuah Perangkat Komputer. Ketika Mouse digerakkan atau diklik maka ia akan di Proses oleh Perangkat Proses ( Process ) lalu di Keluarkan Oleh perangkat Pengeluaran ( Output ).

3 . Scanner

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Scanner

Scanner Memiliki Fungsi Sebagai Alat Pengubah Gambar, Tulisan, dalam kertas menjadi Gambar, Tulisan Digital yang bisa dilihat di Komputer. Ketika Scanner melakaukan Scanning maka ia akan di Proses oleh Perangkat Proses ( Process ) lalu di Keluarkan Oleh perangkat Pengeluaran ( Output ).

4 . Kamera

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Kamera

Kamera Memiliki Fungsi Sebagai Alat Pengambil Gambar yang bisa di pasang di Perangkat Komputer sebagai Alat Tambahan. Ketika Kamera melakaukan Pengambilan Gambar maka ia akan di Proses oleh Perangkat Proses ( Process ) lalu di Keluarkan Oleh perangkat Pengeluaran ( Output ).

5 . Microphone

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Microphone

Microphone Memiliki Fungsi Sebagai Alat Perekam Suara yang bisa dipasang di Perangkat Komputer sebagai Alat Tambahan. Ketika Microphone melakaukan Perekaman Suara maka ia akan di Proses oleh Perangkat Proses ( Process ) lalu di Keluarkan Oleh perangkat Pengeluaran ( Output ).

6 . Grapich Tablet

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Grapich Tablet

Grapic Tablet Memiliki Fungsi Sebagai Alat Tulis atau Menggambar menggunakan Tangan melalui benda yang mirip Pulpen, yang nantinya ketika di Tulis di Tablet akan keluar di Monitor. Ketika Grapic Tablet di aktifkan dan digunakan maka ia akan di Proses oleh Perangkat Proses ( Process ) lalu di Keluarkan Oleh perangkat Pengeluaran ( Output ).

7 . Webcam

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Webcam

Webcam Memiliki Fungsi Sebagai Alat Perekam Gambar. Perbedaan Webcam dengan Kamera yaitu letaknya. Webcam berada di Layar Monitor dan sudah terpasang, sedangkan Kamera berada di Luar Layar Monitor namun bisa dipasang di Layar Monitor dibagian luar. Ketika Webcam Mengambil Gambar maka ia akan di Proses oleh Perangkat Proses ( Process ) lalu di Keluarkan Oleh perangkat Pengeluaran ( Output )

8 . Barcode Reader / Barcode Scanner

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Barcode Scanner

Barcoder Reader / Barcode Scanner Memiliki Fungsi Sebagai Alat Pembaca Code Bar. Code Bar adalah Code yang terdiri dari Garis tebal dan garis tipis, yang hanya bisa dibaca oleh Barcode Reader / Barcode Scanner. Ketika Barcode Reader Mulai Membaca Code maka ia akan di Proses oleh Perangkat Proses ( Process ) lalu di Keluarkan Oleh perangkat Pengeluaran ( Output ).

9 . TouchPad

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Touchpad

TouchPad Memiliki Fungsi Sebagai Alat Penggerak Cursor. Seperti Mouse, hanya berbeda kalau TouchPad memiliki bentuk yang datar dan tidak digeanggam melainkan disentuh. Sedangkan Mouse digenggam di tangan dan di klik. Ketika TouchPad Mulai digunakan maka ia akan di Proses oleh Perangkat Proses ( Process ) lalu di Keluarkan Oleh perangkat Pengeluaran ( Output ).

10 . Joystick

10 Perangkat Input dan Fungsinya | Joystick

Joystick Memiliki Fungsi Sebagai Alat Penggerak Game ketika kita sedang bermain Game di Komputer. Joystick bisa dipasang di Perangkat Komputer Sebagai Alat Tambahan. Ketika Joystick Mulai digunakan maka ia akan di Proses oleh Perangkat Proses ( Process ) lalu di Keluarkan Oleh perangkat Pengeluaran ( Output ).

Kesimpulan


10 Perangkat Input di atas hanya beberapa saja, masih banyak sekali alat Input yang harus anda ketahui. Pada Kesempatan yang lain, Insya Allah saya akan membuat Artikel yang membahas Perangkat Input beserta Fungsinya yang lebih lengkap lagi.

Baiklah, Sekian saja Informasi yang bisa yang bagikan kepada anda. Mohon Maaf jika ada Salah Penulisan, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Pelajar SMK Asal Kota Cirebon yang menyukai Dunia Komputer,khususnya Desain dan Programming. Dengan Membuat Sebuah Blog ini semoga Anda Mendapatkan yang Anda Cari (Pemilik IbnuComp)

This Is The Newest Post
This Is The Oldest Page

Syarat dan Ketentuan !!
* Disarankan untuk Bertanya
* Disarankan memberi kritik ataupun Pujian
* Harus menggunakan bahasa yang Sopan
* Tidak ada Link Aktif !!
* Dilarang Promosi !!

Terimakasih,
EmoticonEmoticon